22 June 2010

AUSTRALIAN ROUND (Aussie Round)


Aturan Main

Australia Round merupakan salah satu event utama dalam kompetisi Boomerang. Australia Round menguji tiga keutamaan dalam keahlian melempar:
  • Jarak Lemparan (Range)
  • Kemampuan Menangkap (Catching ability)
  • Akurasi Baliknya (Accuracy of return)
Setiap pelempar mendapat lima kali kesempatan dari pusat Bullseye. Tiap lemparan setidaknya mencapai 20 meter, dengan penambahan poin pada tiap jarak 30, 40 atau 50 meter. Poin Tangkapan (catching points) akan diberikan si pelempar dapat menangkap Boomerangnya. Poin Akurasi (accuracy points) akan diberikan sesuai dengan tempat tertangkapnya (mendaratnya) Boomerang dalam lingkaran akurasi di tengah-tengah lapangan.

Lemparan sempurna memperoleh 6 poin untuk jarak 50 meter, 4 poin untuk tangkapan, dan 10 poin untuk akurasi.



Boomerang yang dipakai

Di Australia Round, para atlit biasanya menggunakan Boomerang berbilah dua, meskipun Boomerang berbilah tiga juga umum dipakai. Boomerang untuk Aussie Round umumnya dibuat dari plastik, komposit, atau multiplek (aircraft plywood, disini umumnya triplek).

Boomerang biasanya diberi pemberat untuk mencapai jarak ekstra atau diberi peredam (flaps) atau pula dilubangi untuk memberikan hambatan angin pada boomerang. Beberapa pelempar dapat memilih untuk menggunakan boomerang jarak pendek (30 meter) untuk memastikan hasil yang lebih akurat, tetapi akan kehilangan poin tambahan untuk jarak ekstra. Pelempar veteran (ahli) biasanya mampu mendapatkan akurasi yang baik diluar dari jarak jangkauan boomerang (40 atau 50 meter), memastikan untuk memperoleh poin jarak (distance points) dan akurasi (accuracy points).


Sumber: Vermont Boomerang Association

1 comment:

  1. Permisi, saya minta ijin untuk copy paste tulisan di blog ini untuk memasyarakatkan bumerang di Indonesia.

    ReplyDelete

APA ITU BUMERANG?

Pengetahuan tentang Bumerang Bumerang Kapak dengan Ukiran Pengenalan Bumerang adalah senjata lempar yang digunakan untuk berbur...