06 May 2014

RAGAM PENYETELAN (TUNING) BUMERANG



Saat kita membeli bumerang, yang ada di pikiran kita adalah benda tersebut dapat berfungsi atau terbang kembali dengan akurat dalam kondisi apapun. Padahal bumerang dapat disetel untuk bereaksi terhadap suatu kondisi (misal, angin kencang) maupun untuk keinginan tertentu (misal, melayang lebih lama, terbang lebih jauh, terbang lebih rendah, dll). Tulisan ini adalah terjemahan dari website Sempre Volta oleh Jerri Leu)
Terkadang (dan sangat mungkin) dibutuhkan penyetelan (Tuning) tertentu pada bumerang agar ia dapat berfungsi sempurna. Penyetelan ini sangat berpengaruh terhadap pola terbang bumerang.

PENGGUNAAN KARET:


Biasanya di kondisi berangin kencang. Ikatkan karet pada tiap sayap bumerang. Semakin diujung posisi karetnya, maka semakin banyak “hambatan” (rem) yang diberikan.

Bumerang Ambidextrous, TriFly Polypropylene, 
desain oleh Eric Darnell.





Tipe dua sayap juga dapat disetel dengan karet seperti foto disamping.
Boomerang CC15
Didesain dan dibuat oleh: Jerri Leu








PENGGUNAAN LUBANG:

 

Lubang umumnya digunakan untuk mengurangi putaran / rotasi bumerang. Terkadang bumerang Trick Catch, saat tiba terbangnya bergoyang-goyang, cenderung “lolos” (susah diterka posisinya), untuk itu adanya lubang di ujung membantu mengurangi goyangan ini.

Boomerang Tri Fly nylon (Eric Darnell)
Didesain dan dibuat oleh: Jerri Leu


Contoh lain pada bumerang tipe Relay 30m, lubang dibutuhkan untuk mengurangi putaran dan menjadi mudah untuk ditangkap.

Sisi belakang Thunder , dengan lubang dalam ukuran yang berbeda, pada sayap dan tengahnya.
Dibuat oleh: Jerri Leu
Didesain oleh: Sandro Web Rider

Catat: lubangnya permanen, tapi dapat ditutup dengan lakban! Tak masalah.




PENGGUNAAN PEMBERAT:

Anda dapat membuat bumerang mencapai jarak lebih jauh dengan menempatkan pemberat (misalnya koin kecil) di ujung sayap. Jika pemberat diletakkan di tengah bumerang, jarak cenderung berkurang.

 
Didesain dan dibuat oleh: Jerri Leu
Doublers dengan pemberat di posisi yang berbeda.




Bumerang yang bawah disebut “outsider” (yang terbang menjauh). Pemberat ada di ujung sayap, yang membuatnya terbang lebih jauh. Yang diatasnya disebut “insider” (yang terbang lebih dekat dan jatuh terlebih dulu). Pemberatnya berada di tengah bumerang.

PUNTIRAN (TWIST atau ANGLE OF ATTACK):

 

Jika ingin bumerang anda terbang lebih dekat, puntirlah ujung sayapnya ke atas.

Puntiran ke atas (disebut juga puntiran positif atau +AOA, Angle of Attack), menyebabkan jarak jangkauan berkurang dan menambah daya angkat. Dalam pengaturan ini, tergantung tingkat puntiran, bumerang
juga kehilangan daya putarnya.

Jika ingin lebih jauh, lakukan sebaliknya, puntirlah ke bawah.

Pada ambidextrous, penyetelan ini untuk pengguna tangan kanan! Jika tangan kiri (kidal) berpengaruh sebaliknya / jarak bertambah jauh.






LENGKUNGAN (TEKUK KE ATAS / TEKUK KE BAWAH)

 

Terkadang sayap bumerang mengalami “warping” atau melengkung. Kondisi ini dapat diketahui dengan meletakkan bumerang di permukaan datar. Namun lengkungan sayap juga diperlukan untuk penyesuaian tertentu.


Tekukan ke atas, membuat bumerang terbang lebih tinggi, memperpendek jangkauan dan waktu melayang (hover) yang lebih lama.




Foto hanyalah ilustrasi, intensitas tekukan berbeda-beda tergantung pola terbang yang diinginkan!
 

Sedangkan tekukan ke bawah, membuat bumerang terbang rendah, menambah jangkauan dan mengurangi “hover”.



Foto hanyalah ilustrasi, intensitas tekukan berbeda-beda tergantung pola terbang yang diinginkan!



Cara yang bagus untuk “menekuk” semua sayap triblader adalah dengan menahan semua sayap dengan jari tangan kiri anda, lalu menekan bagian tengah (pusat) bumerang ke bawah dengan jari telunjuk tangan kanan.








PENIPISAN SAYAP (UNDERCUT)


Terkadang bumerang cenderung “jatuh” sebelum menyelesaikan putaran. Hal ini dapat diatasi dengan penipisan di ujung sayap bagian bawah. Sama halnya dengan memberikan puntiran positif, sehingga lebih banyak daya angkat.

Foto disamping, bumerang tipe OTTO dengan undercut di kedua sayap.

 Didesain dan dibuat oleh: Jerri Leu

Foto perbesaran pada area ujung sayap dengan undercut yang lebih jelas.









Di beberapa tipe, seperti Mega Ice-Runner, punya undercut di kedua sisi sayap (Leading dan Trailing)
Model ini dibuat untuk tipe LD (menjangkau sampai 90 meter!)
Didesain oleh: Manuel Schuetz

 

CEKUNGAN (CHAMBER)

Penyetelan ini untuk memperpendek jangkauan terbang bumerang.
Tipe Mong dengan cekungan di ketiga sayap. 
Perhatikan pula tidak ada undercut.
Didesain dan dibuat oleh: Jerri Leu







MENGUBAH “SKEMA”

Terkadang perubahan desain dibutuhkan, agar anda memiliki bumerang dengan pola terbang yang lain, dengan penyetelan juga.
Mengubah “skema” Renner, Axel Heckner. Bumerang ini dimodifikasi untuk Trick-catch.
Didesain dan dibuat oleh: Jerri Leu







Sumber: Regulagens; www.semprevolta.com



1 comment:

  1. Mas lokadi nya d mna?? Klo saya mau beli buat yg indor bisa??

    ReplyDelete

APA ITU BUMERANG?

Pengetahuan tentang Bumerang Bumerang Kapak dengan Ukiran Pengenalan Bumerang adalah senjata lempar yang digunakan untuk berbur...